Pages

Thursday, February 2, 2012

Buku-Buku Tentang Dunia Sepakbola

Oleh: Muhajjir Esyaputra

Sepakbola dalam sebuah buku. Buku tentang sepakbola.

Tema sepakbola jelas sangat menarik untuk diangkat dalam sebuah buku. Ada berbagai aspek yang bisa diambil. Ada ratusan judul buku yang mengangkat tema ini. Here’s a few:

Fever Pitch by Nick Hornby.
Cinta pada sepakbola. Cinta terhadap pertandingan. Cinta terhadap Arsenal. Ini adalah tema luar biasa yang diangkat oleh Hornby. Sebuah kisah nyata mengenai dirinya sendiri yang menjadi pendukung Arsenal saat klub ini mengalami masa rollercoaster –naik turun dalam berbagai kompetisi- dan bahkan sempat dijuluki “boring... boring Arsenal...” Tapi tidak ada satupun dari itu yang mengurangi rasa cintanya pada klub London Utara ini. Disajikan dalam bentuk diary, buku ini dengan sangat berhasil menggambarkan apa yang dinamakan cinta sejati... pada sepakbola!


Inventing The Pyramid by Jonathan Wilson
4-4-2? 4-3-1-2? 4-2-3-1? Atau 2-4-4? Berbagai taktik sepakbola dari zaman kuno hingga modern dibahas di buku ini. Sebuah referensi penting bagi orang awam untuk mengenal sepakbola lebih dalam lagi. Terutama melihat dari sisi taktik. Menyaksikan bagaimana sepakbola berkembang dari masa ke masa, dan juga mengetahui taktik apa yang paling sering digunakan. Apa keuntungan dan juga kerugiannya. Sangat berguna juga jika anda berencana ingin menjadi seorang pelatih sepakbola.

Soccernomics by Simon Kuper and Stefan Szymanski
Sepakbola dan ekonomi. Ternyata dua hal ini punya hubungan yang kelewat erat. Pengaruh ekonomi terhadap sepakbola dipaparkan secara gamblang dan jelas di sini. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti tentu saja. Kita bisa melihat alasan mengapa Inggris selalu kalah di berbagai turnamen besar. Dan mengapa Brazil ataupun Jerman punya peluang lebih besar untuk menang. Dan mengapa negara-negara baru semacam Amerika Serikat bisa menjadi raja dalam permainan paling populer di dunia ini. Dan semuanya dilakukan dengan perhitungan angka-angka. Menurut anda sepakbola adalah sesuatu yang tidak bisa dihitung? Try to read this book.

Keane: The Autobiography by Roy Keane and Eamon Dunphy
Saatnya menyelami sepakbola langsung ke dalam pikiran salah satu orang yang pernah –dan masih- terlibat di dalamnya. Dan yang lebih istimewa lagi, ini adalah salah satu orang kontroversial yang punya pengalaman segudang: Roy Keane. Mantan kapten Manchester United ini menceritakan segalanya dalam otobiografi ini. Sebuah perjalanan menarik untuk menyaksikan bagaimana karirnya berkembang, meraih kesuksesan, dan apa yang sebenarnya terjadi di balik segala kontroversi yang muncul di sekitarnya. Dari mata sang pemain sendiri. Pecinta Roy Keane? Atau ingin mencari kisah seru nan berbeda dari seorang pesepakbola? Find this one.
Itu hanya beberapa di antara banyak sekali buku tentang sepakbola di dunia. Apakah anda punya judul lainnya yang jadi favorit?

http://www.supersoccer.co.id/supersoccer-tv/berita/content/read/buku-buku-tentang-dunia-sepakbola/

Artikel Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...